Hasduk berpola, mengangkat isu nasionalisme dan patriotisme bangsa


Satu lagi, film yang yang membawa nama pramuka, yaitu film dengan judul “Hasduk Berpola” akan segera memeriahkan film nasional. Setelah kemarin ada film “Lima Elang” yang mengangkat cerita tentang petualang bocah pramuka sukses, kini Harris Nizam sang sutradara menggarap film yang mengangkat tentang isu nasionalisme dan patriotisme bangsa Indonesia.

Film ini masih sedang proses produksi yang di lakukan di Bojonegoro jawa Timur. Ide awal pembuatan film produksi Aletta Pictures itu berasal dari cerita pendek Bagas Dwibawono tentang kekecewaannya saat sidang paripurna 2009 lalu. Menurutnya, ketika itu Presiden SBY lupa menyanyikan lagu “Indonesia Raya”. 😦

Dari cerita tersebut dikembangkan menjadi skenario oleh Bagas dan Kirana Putri. Meskipun premisnya berat, keduanya mencoba membawa cerita dari sudut pandang anak-anak. Para bintang yang terlibat dalam film “Hasduk Berpola” antara lain, Idris Sardi, Iga Mawarni, Ranti Purnamasari, serta bintang muda asli Bojonegoro, Bangkit Prasetyo. Harris sengaja menampilkan bintang baru yang bisa berdialog dengan dialek Jawa.

Kalau di baca dari judul filmnya menurut saya memang sedikit aneh (hasduk kok berpola hehe), tapi inilah intinya, sang sutradara menjawab “Ada esensinya disitu dan bakal terlihat kalau sudah nonton filmnya. Saat kita sedang melihat bendera Merah Putih atau apapun, jangan lihat dari fisiknya, tapi esensi yang terkandung didalamnya dimana disana terkandung pengorbanan yang sangat besar

Film ini dijadwalkan akan segera release dan di putar di bioskop-bioskop menjelang  Hari Pahlawan Nasional 8 November 2012. Semoga dengan makin bertambahnya film-film karya anak negeri yang mengangkat dunia kepramukaan, bisa menambah cinta akan dunia kepanduan, khususnya Pramuka 🙂 .

Video casting

Sang sutradara dan penulis skenario tampil di J trax JTV Surabaya

Inilah nominasi para pemainnya

Info tentang film bisa diikuti via facebook dan twitter

Referensi dan sumber:

Satu Tanggapan

  1. angkat tinggi – tinggi kehormatanmu merah putih pramuka indonesia

Tinggalkan komentar