Wapres Minta Gerakan Pramuka Direvitalisasi


Gerakan pramuka adalah kegiatan yang dapat mendukung upaya pemerintah untuk membangun karakter bangsa sejak dini. Karena itu, Wakil Presiden Boediono meminta agar gerakan pramuka itu direvitalisasi.

“Sekarang ini pramuka hanya bersifat massal dan murid SD memakai seragam tapi tidak punya kegiatan yang serius tentang pramuka atau kepanduan. Tadi dibahas bagaimana pramuka dapat membangun karakter bangsa,” kata Juru Bicara Wapres Yopie Hidayat.

Hal itu dikatakan Yopie usai rapat Komite Pendidikan di Kantor Wapres Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (18/5/2010). Komite itu diketuai oleh wapres dan beranggotakan sejumlah menteri yang terkait dengan bidang pendidikan seperti Mendiknas, Menpora, dan Menteri Agama.

Selain kegiatan pramuka, jelas Yopie, komite memandang perlunya digalakkan kegiatan olah raga di sekolah. Olah raga dapat mendidik siswa untuk berlaku sportif, yang menjadi unsur penting dari karakter bangsa.

Tidak lupa adalah kegiatan-kegiatan lain untuk mengurangi pengaruh negatif budaya modern serta kemajuan teknologi komunikasi terhadap generasi muda. Sebab, generasi muda akan kehilangan kemampuan untuk menyerap nilai-nilai luhur akibat gaya hidup modern itu.

“Tentu saja harus memikirkan sebuah program, sehingga generasi kita tidak berorientasi ke mall atau berorientasi menjadi konsumen yang sangat intensif, namun melupakan nilai-nilai yang penting untuk pembangunan karakter,” jelas dia.

Terkait dengan gerakan pramuka, Menpora Andi Mallarangeng mengatakan saat ini ada 250 ribu gugus depan yang 90 persen di antaranya berbasis di sekolahan. Namun, para siswa umumnya tidak paham dengan kegiatan itu.

Ia menambahkan, Wapres menaruh perhatian secara khusus terhadap kegiatan pramuka. Boediono mendukung apabila ada upaya untuk mengadakan training bagi pembina pramuka di sekolah.

“Sehingga ketika anak-anak memakai seragam sekolah, di situ melekat nilai dan karakter. Kita lihat anak-anak itu tiap Sabtu pakai seragam pramuka, tapi tidak mengerti apa tentang keterampilan pramuka,” Andi merasa prihatin.

Sumber : Detik

5 Tanggapan

  1. tepok pra-mu-ka…
    semangat terus gerakan pramuka indonesia

    by: http;//gusrohman.wordpress.com

  2. Kewot pramuka, dor dor dor PRA, dor dor dor MU, dor dor dor, KA dor dor dor dor dor dor dor dor dor dor PRAJA MUDA kRANA

  3. salam pramuka hehehhe lamanggakkesini kangen juga ……sukes dan sehat selallu

  4. Setuju banget sama pak Budi, Pramuka adalah modal moral untuk menjalani hidup… Salam Pramuka!

  5. wach dak lama gak kemah heuheu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: