Contoh penerapan Dasa darma dalam dunia online


Dasa darma adalah unsur penting bagi seorang pramuka, yaitu ibarat sebuah tali pegangan hidup biar tidak terjatuh. dasa darma sangat baik bila bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, karena sudah termasuk didalamnya berbagi aspek. Aspek sosial, aspek agama, budaya dan sebagainya. nah disisni saya akan mencoba memberikan contoh penerapan dasa darma dalam kehidupan online atau ketika kita sedang berinteraksi dengan internet.

  1. Taqwa kepada Tuhan yang maha esa : jangan sampai kita lupa waktu ketika kita sedang asyik bermain facebook atau situs jejaring lainnya. kalau sudah waktunya untuk beribadah, maka aktivitas dunia maya hentikanlah sejenak untuk beribadah.
  2. Cinta ala dan kasih sayang sesama manusia : Hargailah pendapat orang lain ketika berpendapat disebuah forum, jangan mencela secara langsung, berilah pendapat serta saran yang baik dan sehingga tidak terkesan menjatuhkan.
  3. Patriot yang sopan dan kesatria : Jangan merasa Sok hebat ketika menulis di status  facebook kita, sewajarnya  saja, jangan sampai kejadian seperti yang dialamai oleh evan brimob.
  4. Patuh dan suka bermusyawarah : Mentaati term of service (TOS) dari pemberi layanan yang bersifat gratis. Menggunakan sosial networking untuk bermusyawarah secara online.
  5. Rela menolong dan tabah : Membantu orang lain dengan jawaban yang sebenarnya ketika ditanya saat online YM!, seperti pertanyaan seputar dunia blogging.
  6. Rajin terampil dan gembira : Selalu rajin update blog dengan postingan-postingan yang kreatif dan inovatif, serta memberi inspirasi kepada yang membacanya.
  7. Hemat cermat dan bersahaja : Menulis postingan yang tidak bertele-tele, lugas, tepat sasaran, lengkap dengan solusinya.
  8. Disiplin berani dan setia : Berani mengkritik institusi yang korup lewat opini-opini publik, yang disertai bukti yang kuat.
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya : Tidak segan-segan untuk minta maaf ketika kita salah tulis dan menyinggung perasaan orang lain. Menyelesaikan job tepat waktu, sehingga para advertiser percaya pada kita.
  10. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan : jangan pernah sedikitpun punya niatan buruk untuk menjatuhakn seseorang lewat opini publik yang kita tuliskan di dunia maya.

Ya itulah sedikit penerapan dasa darma ketika kita sedang didunia maya. dasa darma tidak berlaku didunia nyata saja, tapi juga berjalan dudunia maya. selamat menerapkan dasa darma😉 .**

3 Tanggapan

  1. maksih ya , , salam kenal🙂😀

  2. sebenarnya menurut saya, semua aturan dan tata tertib dalam organisasi apapun hampir sama.
    Garis besar dalam menata ketertiban dan kedamaian sesama anggota serta hubungannya dengan masyarakat.

    terima kasih mas infonya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: