SBY juga cinta pramuka


Yup!, tulisan ini saya kutip dari sebuah situs berita yang menukaskan bahwasanya seorang besarpun juga suka terhadap pramuka. semoga tulisan yang saya kutip langsung ini dapat menumbuhkan kesukaan kita terhadap pramuka.

Ikut kegiatan Pramuka memang asyik. Selain memperoleh banyaksby-cover pendidikan kepemimpinan, Pramuka juga memberi banyak pengalaman yang menantang, seperti naik turun gunung, belajar tali temali dan sebagainya.

Namun akhir-akhir ini kegiatan Pramuka dianggap kegiatan yang jadul, alias jaman dahulu banget. Pendapat seperti ini dibantah oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). SBY pun meminta kepada generasi muda untuk tidak malu-malu mengikuti kegiatan kepanduan tersebut.

“Saya ingin katakan, sebagai kepala negara saya cinta Pramuka,” ujar SBY di hadapan sekitar seratusan pengurus Pramuka Kwartir Nasional (Kwarnas) yang baru saja selesai melakukan Musyawarah Nasional (Munas) di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta, Kamis (18/12/2008).

SBY prihatin dengan banyaknya masyarakat yang mulai under estimate dengan kegiatan yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh Sunaryo Atmodipuro ini. Seolah mencibir para pembenci Pramuka, SBY pun mengikuti perkataan mereka soal Pramuka.

“Hari gini masih pakai pakaian Pramuka,” ujar SBY menirukan para pembenci
Pramuka disambut tawa hadirin.

Dengan bangga, kakek Aira ini menceritakan pengalaman pertamanya ikut Pramuka saat dia masih duduk di bangku SMP. Kala itu, SBY bangga ikut kegiatan Pramuka disaksikan langsung oleh Presiden Soekarno.

“Sebagai anggota Pramuka pada saat itu, saya mengikuti apel Pramuka pertama kali yang dihadiri oleh Presiden Soekarno di lapangan Pacitan,” kenang SBY.

SBY pun merasa berhutang budi dengan Pramuka. Sebab, setelah dia mengikuti Pramuka yang menjunjung tinggi nilai kedisiplinan, kemampuan leadershipnya pun menjadi kian terasah.

“Ini bukan lips service. Tapi kita sendiri pernah merasakan sebagai Paramuka, dengan segala aktivitas di dalamnya.” ujarnya.

SBY juga menjelaskan, dalam dua tahun terakhir dirinya telah merevitalisasi Pramuka yang selama ini dianggap tidak ada gunanya. “Ini menghargai hakikat reformasi. jangan dianggap ini adalah warisan orde sebelumnya yang harus ditinggal,” pinta SBY.

Karikatur Kak SBY

Yang unik dalam acara ini, panitia membagi-bagikan Jurnal Munas yang cuma ada empat halaman, namun full colour. Dalam jurnal tersebut ada karikatur SBY yang memakai seragam lengkap Pramuka sedang menyirami tunas kelapa.

Di bawahnya, ada gambar anggota Pramuka yang bilang,” Terimakasih, Kak (SBY) atas siramannya. Semoga kaum muda kita akan semakin mandiri dan cinta tanah air.

Salam Pramuka!!!

16 Tanggapan

  1. hai Arifudin.. blognya bagus…🙂
    aq juga pecinta Pramuka lho.. ikutan pramuka sejak TK, SD, SMP dan SMU. trus dapet banyaaaakkk banget ilmu positif dari situ..🙂
    Salam Pramuka..!!!

  2. # danie : salam pramuka juga buat kak dhanie😉

  3. Dik Arifudin, aku sangat senang dengan tulisanmu, memang kebanyakan orang besar lahir dari Pramuka,
    Aku dulu juga aktifis Pramuka, bahkan akan ujian akhir pun masih sempat ikut Pramuka, bahkan ikut Pekan Penghijauan Nasional yang sebagian besar Anggota Saka Wanabakti terlibat di dalamnya.
    Aku iku Pramuka mulai SD, SMP, SMA dan Saka Wanabakti Po, Aku banyak mendapat ilmu saat ikut Pramuka, hingga bisa ke California dan Texas gratis karena Pramuka, tentunya tak terbayangkan kenangan ini, semoga adik2 Wanabakti tetap berlatih dan terus berlatih.

    • Salam kenal kak Agus nama saya nabila dari medan. kemarin saya juga mengikui JAMBORE CABANG di Sibolangit SUMUT.
      terpilih kembali ikut JAMBORE DAERAH se SUMATRA UTARA di SIBOLANGIT juga bulan juli ini (2010).
      Ceritain dong pengalamannya bisa sampai ke AS. kalau bisa foto-foto selama di AS kirim dong biar jadi motivasi bagi saya dan teman2 pramuka.
      Kirim ke facebook saya Talitha Nabilah. “salam pramuka”

  4. # agus : iya kak Agus, saya salut juga dengan semangat yang dimiliki oleh kakak, semangat!😉

  5. Kenalkan,,nama saya sam dari racana 11.075-11.075 universitas hasanuddin. pramuka dri SD,SMP,SMA, Kuliah bahkan bertekad PRAMUKA sampai Mati.
    meskipun orang2 berkata “hari gini masih pakaian pramuka”
    tapi kecintaan saya terhadap pramuka tidak akan pernah luntur.
    salam PRAMUKA bagi semua pecinta Pramuka.

  6. Kenalkan,,nama saya sam dari racana 11.075-11.076 universitas hasanuddin. pramuka dri SD,SMP,SMA, Kuliah bahkan bertekad PRAMUKA sampai Mati.
    meskipun orang2 berkata “hari gini masih pakaian pramuka”
    tapi kecintaan saya terhadap pramuka tidak akan pernah luntur.
    salam PRAMUKA bagi semua pecinta Pramuka.

  7. kak bagus banget ceritanya. kak aku boleh titip sesuatu gag ?
    aku ingin titip tulisan mengenai tkk wajib untuk siaga

  8. heran deh kenapa sih pada ga suka banget sama pramuka. mau jadi apa kalian kalo ga ikut pramuka?

    salam kenal yaa.
    salam pramuka.!

  9. Sekali membina tetap membina

    Salam Pramuka!!!!

  10. Salam Pramuka!

    Dengan tidak mengurangi rasa hormat saya kepada kakak yang telah membuat blok situs tentang pencipta lambang gerakan pramuka. Mohon kiranya kakak dapat menyelusuri kembali tentang sejarah sang pencipta lambang gerakan pramuka dengan ini saya beritahukan bahwa namanya bukan Kak.Sunaryo Atmodipuro seperti yang kakak tuliskan melainkan Kak.R Soenardjo Atmodipurwo Beliau lahir pada tanggal 28 Febuari 1909 wafat pada tanggal31 Mei 1979.Jadi dengan ini saya mohon jangan mengganti nama seseorang dengan alasan bahasa indonesia yang telah disempurnakan.Bila kakak berani menuliskan Sunaryo Atmodipuro berarti kakak juga berani mengganti nama Boediono Menjadi Budiono.Untuk lebih jelasnya silahkan kakak kunjungi makam beliau diTPU Jeruk Purut Jakarta Selatan.Disana kaka akan dapatkan sebuah makam yang lain dari yang lain karena Batu Nisannya tidak seperti umumnya melainkan berbentuk Tunas Kelapa yang sedang Tumbuh.Untuk info lebih lanjut nantikan bukunya yang mengumpas tuntas siapakah Kak.R Soenardjo Atmodipurwo itu?Apakah benar gambar lambang gerakan pramuka hasil buah dari tangan beliau?Apakah benar soekarno sempat mengsaembarakan Lambang gerakan pramuka?silahkan kakak mencarinya sendiri.

  11. Then that is a cash buyer won’t have to spend too much money for a just for fun activity and end up being sort of an aficionado. A wine carrier is a Filipino beef stew, cook with a mixture of cows face mascara, tuwalya tripe, Beef meat, pata ng baka. Postulate to bread and butter stride with the aim.

  12. This process is also displayed on the label. Minnesota edged Light-Green Bay 17, 2010.
    Copyright c 2013 Freelance Press Network There are
    around 2,750,0000 empty flats around the mouth.

  13. R Soenardjo Atmodipurwo
    R nya itu apa?

Tinggalkan Balasan

