Trik menghafal morse


Kadang kita kesulitan menghapal atau mengingat kembali isyarat morse, padahal besok mau ikut lomba Galang apalagi jarang berlatih secara periodic. Berikut ini tips menghapal morse dengan cepat. Lihat gambar di bawah ini!

Petunjuk Penggunaan :

  1. Gambar di atas terbagi menjadi dua bagian, kanan, dan kiri.
  2. Cara membacanya dari atas ke bawah.
  3. Blok Putih menunjukkan kode titik ( . ) dan blok Hitam kode strip ( - ).
  4. Contoh sebelah kiri: Jika isyarat menunjukan satu kali Putih sama dengan satu kali titik artinya huruf E.

    Contoh lain : ( dibaca dari atas, ya ) putih-putih-putih-putih artinya 4 titik ( …. )

    Berarti huruf H.

    Contoh lagi : hitam-hitam-putih artinya 2 strip 1 titik ( - – . ) berarti huruf G

  5. Ingat blok sebelah kiri selalu diawali dengan blok Titik ( Putih ) dan blok kanan selalu diawali dengan blok strip ( Hitam ).

Selamat mencoba, beritahukan teman-temanmu dan ajaklah belajar morse bersama.

Sumber

21 Tanggapan

  1. wahh… seperti djaVu nih… mengingatkan saat aktif jd pramuka.. ini berguna lho wkt kapal kita karam di tengah laut.. kapal nelayan tanpa teknologi tinggi, akhirnya sinar lampu baterai bisa menolong kami…

    Yup betul sekali :)

  2. Wah, bareng wes tuwo malah entuk trik ini.
    Tks mas Arifudin

    Sama-sama Bu Noer :)

  3. wew,,

    kemaren pernah ada kesalahan fatal dalam penghapalan morse gw (pas kemping di malaka)

    kan ade tuh teknik, “sandwich”, gw salah pemahaman, jadi ancur-ancuran dah tuh regu :)

    (boleh kunjung balik mas : http://www.dioda.co.nr

    :mrgreen:

  4. wa…yo iki…tak goleki, sms jaman purba…

    ha..ha… :lol:

  5. Wah, jadi inget masa muda (hahahaha) saat masih SD maksudnya. DUlu mah hapal bener deh sandi morse sama sandi bendera2 merah kuning. Tapi baru tau klo ada yang punya cara ngafal begitu. Seru juga.

    iya seru :)

  6. aku punya cara menghafal morse yang lebih mudah lo,…
    dapatnya dari JamNas 2006

    masa’?, bagi-bagi dunk :)

    • bagi2 lah trik cepat nmenghapal morse………………………………. supaya makin lncar aja……………………….. salam kenal……………’scout salute’

      • SALAM KENAL DARI KAK DEDEK DI GUDEP UMUM WALI SONGO KWARRAN SUNGAI PINYUH KWARCAB PONTIANAK KWARDA KAL-BAR
        SAYA AD SEDIKIT TRIK CARA CEPAT MENGHAFAL MORSE SEMOGA RUMUS YANG SAYA BERIKAN DAPAT BERMANFAAT.
        CARANYA : HAFALKAN DAHULU HURUF-HURUFNYA

        CARA MENGAHAFALNYA YAITU : EISH – TMOKH, AUV – NDB, RP – KX, LFWJ – YQGZ, C
        SELAMAT MENCOBA………………

        E . T –
        I .. M – –
        S … O – – –
        H …. KH – – – –

        A N
        U D
        V B

        R K
        P X

        L Y
        F Q
        W G
        J Z

        C

  7. morse it,kata sandi yang asyik buat di guna sesama teman pramuka dan juga banyak kegunanaan nya

  8. Trik cara menghapal morse banyak macamnya salah satunya seperti tersebut diatas, aku juga punya trik menghapal lain dari yg lain.

    Yg penting buat kita sekarang adalah bagaimana cara termudah buat kita cara menghapal sebuah sandi, kita hrs banyak berkreasi, menciptakan trik sendiri ……………..

  9. thanks atas triknya semoga bermanfat utk saya dan teman2 saya…………………………. and doakan kmi supaya menang dalam perlombaan besok aminnn……………………………………….. ‘ SCOUT SALUTE’

  10. wah sama kya yg diajari ma kaka penegak q, moga mts n brangsong bisa menang dalam lomba galang besox… amienn…. BRAVO… MTs N Brangsong……!!!!…!.!.!

  11. wah . . . thankz . . . brkat trik thu . . . scout rangers madiun menang lomba lcttp 3 d man 2 madiun . . . Wlw juara 3 tp trick thu mang bner2 mbnthu . . .

  12. -/./.-./../–/.-//-.-/.-/…/../….//…/.-/-./–./.-/-//-…/./.-./–/.-/-./..-./.-/.-//
    …/./-.-/.-../..//-../.-/.-../.-/–//–/./-././.-./.—/./–/.-/…./-.-/.-/-.//…/.-/-./-../..//
    –/—/.-./…/.//../-./../

  13. Gua tetep ga ngerti daaaah-_-haha padahal tgl 12 nov besok mau lombaa-____________- tapi sampai sekarang belum hapal2 morse.-.

  14. Hebat,lah… Ada lagi gax ?

  15. memek pramuka mah

  16. rumus sandi morse lengka-p yang mana

  17. ini website siapa

  18. go to the “go” to the “kill”
    gokillll

    hebatttt!!!!!!
    salam kenal dari gudep pangeran jaya karta_nyi mas gandasari,,,,
    SALAMM PRAMUKA..!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: